RSS

AL-ZAITUN

05 Feb

okeeh, jumat ba’da magrib di fisbang,

itulah kata terakhir yang saya ucapkan di YM kepada teman sekitar pukul 11 malam. (seperti mau meninggalkan sesuatu). ya, memang benar, akan meninggalkan bandung menuju indramayu. Wah jumat yah, eh berarti besok dong, baru sadar setelah melihat waktu dan tanggal di sebelah kanan bawah layar monitor.

untuk apa ke indramayu? hmmh.. dengan niat awal membantu seorang teman dalam pengambilan data untuk tugas akhirnya, sekalian jalan-jalan ke indramayu, tepatnya ke Al-Zaitun. Soalnya memang disitulah tempat pengambilan datanya. ceritanya dia akan mengukur luminansi sebuah mesjid di kawasan itu. heu heu, maaf kawan, kalo boleh jujur sebenernya keingintahuan tentang al-zaitun lebih besar daripada membantunya untuk pengambilan data. soalnya belum pernah ke sana.🙂

Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 3 jam, ditemani hujan yang terus mengguyur, serta udara dingin yang masuk melewati sela-sela kaca mobil yang memang sengaja dibuka agar mengurangi embun yang menempel di bagian dalam kaca mobil. Dari kampus UTT (Universitas Tralala Trilili) -mengambil sebuah akronim dari epigram- ke arah utara >> setiabudi >> lembang >> subang >> lalu belok kanan ke cipunagara >> melewati sebuah jembatan (yang ternyata jembatan itu adalah perbatasan subang dan indramayu) >> tibalah di rumah seorang dosen Al-zaitun yang memang sedang menjalani kuliah SSS di UTT dan ternyata masih sekitar 15 km lagi jarak dari rumahnya.

DSC 0114

rumah pa dosen – 15 km lagih

Al-zaitun, bukan az-zaitun, begitulah cara penulisan yang benar, meskipun memang dibaca/dilafalkan azzaitun. Terima kasih pa dosen atas ilmunya. Satu hal yang baru saya ketahui bahwa ada perbedaan dalam hal penulisan dan pelafalan bahasa arab ketika di hurufkan (di abjadkan). Ternyata hal ini sama dengan bahasa inggris atau mungkin semua bahasa lainnya, contohnya saja “one” penulisan memang seperti itu tapi pelafalan bukan “o-ne” tapi “wan”.

Berdiri pada tahun 1995 dan di resmikan pada tahun 1999 oleh B.J. Habibie yang pada saat itu masih menjabat sebagai presiden RI. Mempunyai luas tanah sekitar 1200 hektar yang didalamnya terdapat bukan hanya bangunan pendidikan tetapi pertanian, peternakan dan lain sebagainya. Mulai dari pendidikan sejak dini sampai ke tingkatan S1. Areal sawah berhektar-hektar dan sapi sekitar 2000 ekor menempati peternakan yang ada di dalamnya. Maka tak heran, hampir setiap hari pasti ada sapi yang melahirkan di sana.

Perubahan image daerah indramayu yang asalnya terkenal dengan (maaf) pelacuran sekarang menjadi sebuah sebuah daerah pendidikan. Akan tetapi tetap saja pelacuran masih ada, bahkan orang tua di daerah ini akan bahagia/bangga bila mempunyai anak seorang perempuan. (astagfirullahal’azim). Dengan adanya daerah pendidikan ini diharapkan image yang dulunya negatif menjadi positif.

Banyak hal lain lagi yang saya ketahui ketika saya datang ke tempat itu, karena kebetulan ketika pangukuran ditemani oleh seorang pegawainya. Meskipun sering didengar selentingan-selentingan mengenai tempat ini, akan tetapi nampaknya tak terpengaruh dengan kemajuannya.

DSC 0204

di depan masjid yg belum jadi

Jam sudah menunjukan pukul setengah tiga sore, sudah saatnya saya pulang, pulang kembali ke bandung. Kali itu saya pulang sendiri, tidak bersama yang lainnya, karena sebetulnya masih ada yang harus diukur, tapi untuk malam harinya. perjalanan pulang :

  • naik ojek = sekitar satu jam…
  • naik bis 3/4 = satu jam lebih
  • tiba di subang jam 4 lebihan..
  • naik angkot lagi ke wisma..
  • lalu naik elp subang – bandung.. 3 jam… separuh nya perjalanan, separuhnya lagi ngetem.. parraaah..
  • naik angkot ledeng – caheum.. nyampe deeh..

alhamdulillah kembali ke kampus dengan selamat..

 
Leave a comment

Posted by on February 5, 2009 in iseng2 berhadiah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: