RSS

FUN RAFTING – arung jeram

05 Jan

hmmh.. akhirnya nyoba juga nih arung jeram. setelah penantian yang cukup lama. akhirnya tanggal 28 kemarin berarung jeram seharian di rajamandala sungai citarum di daerah waduk saguling. maaf baru posting hari ini.🙂 ;))

berangkat dari depan mesjid unpad sekitar pukul setengah delapan, kami rombongan dari LSS[aink, uti, wildan, iqbal, yesi, tsani, abin, diaz, mail(ft), helmi(pn)] eh iyah, ternyata gantina ikut juga. naik truk tentara bersama sekitar 50an peserta rafting lainnya. hmmh.. dan saya baru merasakan, ternyata truk tentara itu tidak memakai shock-breaker (bener ga ya nulisnya), jadi ketika truk itu menyentuh batu kecil sekalipun, maka akan terasa oleh penumpang didalamnya. itu batu kecil, apalagi yang lainnya, dan tidak jarang truk itu melewati beberapa polisi tidur.

kami sempat diberi simulasi arung jeram ketika di dalam truk.. iih beneran ini mah.. jadi pas sekitar daerah setelah padalarang, lupa namanya, pokonya pas jalanan berkelok-kelok.. truk sedikit melaju kencang tanpa ragu. sepertinya supirnya banyak makan asam garam. yaa secara otomatis, penumpang di dalamnya yang tidak lain adalah peserta arung jeram diberi simulasinya. truk belok ke kiri.. penumpang sedikit ke kanaan.. truuk belok ke kanan, penumpang sedikit ke kirii.. (haddaah)

naah ini dia yang ditunggu2.. akhirnya sungai citarum terlihat juga. cukup lebar. sekitar hampir 50 meter sepertinya. arus cukup deras. kalo di dalam tingkatan arung jeram dapat dikatakan grade 3.

IMG 0075

pertama-tama diberi pengarahan mengenai safety dalam ber-arung jeram. pelampung, helm, dan dayung, ketiga alat inilah yang mesti dipakai atau dibawa pada saat ber-arung jeram.. naah, sebelum kita melakukan pengarungan, terlebih dahulu diajarkan mengenai ‘terbawa arus’ atau istilah lainnya hanyut di sungai. heu (seperti menyeramkan tp ga koq sebenernya, kan pakai pelampung dan helm) iA aman koq. ada yg namanya defensif (pasrah) dan offensif (berenang)..

IMG 0037

mulailah kita pada pengarungan pendek, sekitar 1 km lah panjangnya, kami sekelompok (aink, uti, abin, mail, yesi dan tsani) haduuh koq bisa sekelompok sama yesi dan tsani siih.. hmmh.. ampuuun.. plis deh..

IMG 0095

IMG 0101 copy

setelah pengarungan pendek, makan, solat dan istirahaaaaaat.. (perasaan lama banget y istirahatnya) baru deh setelah itu pengarungan panjang.. sekitar 6 km panjangnya. asik, enak, seru, senang, lucu, tegang, semuanya jadi satu. banyak hal yang dialami, dari mulai mendayung sambil berdiri.. boooooom (merunduk, dikarenakan ada halang rintang diatas), membalikan perahu, menyelamatkan diri, hanyut di sungai, waah pokoknya banyak lah.

hmmh. cape juga. terakhir kita dimanjakan dengan mandi di cipanas, ada juga cipanas di saguling. lalu pulang kembali ke bandung. tiba di unpad pukul 9 malam.. mengasikan, meskipun badan mulai terasa pegal-pegal. apalagi keesokan harinya. akan lebih terasa lagi. dan benar sajah. terjadi.

i can’t wait for the next rafting..

 
6 Comments

Posted by on January 5, 2009 in iseng2 berhadiah

 

6 responses to “FUN RAFTING – arung jeram

  1. Uti

    January 5, 2009 at 2:24 pm

    Hayu rafting lagi!!!

    Di sungai yang grade nya 4 ya! Yang pengarungannya 12 kilo! Hehee, belagu..padahal kmrn aja pas perahunya dibalik dan tenggelem bentar udh panik tuh =D

    Eniwei, mau ke Gede ih!!

     
  2. ainkobra

    January 7, 2009 at 3:55 pm

    @ uti: hayuu.. bener ti. grade 4 cigana rame tah.. grade 5 apalagih ya.. hmmh.. 12 kilo.. berarti 3-4 jam.. siaaaap??? asal teu sakelompok jeung tsani + yesi mah siap lah..😀 ;))

    ke Gede?? mending Cikurai+Papandayan+Guntur.. cigana rame tah.. 3 days trekking..

     
  3. machmoed Santoso

    January 10, 2009 at 6:57 pm

    hayu lah,, next time mah mengosongkan jadwal….

     
  4. ainkobra

    January 14, 2009 at 5:38 pm

    muy.. ada fun rafting lagih tuh muy.. tanggal 18 januari.. ikutan?? silahkan..

     
  5. tiffa tora

    January 16, 2009 at 3:46 am

    aaaaahhhhh
    pengen ikuuuuttttttttt😦😦😦😦😦

     
  6. arung jeram citarik,

    March 21, 2014 at 9:53 am

    Great blog you’ve got here.. It’s hard to find high quality
    writing like yours these days. I seriously appreciate individuals like you!
    Take care!!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: