RSS

Elektoenchepalograph (EEG)

14 Nov

EEGanda tau apakah EEG itu? EEG bukan EGG.. kalo egg di dadar enak tuh..🙂 ..

yaah.. skarang kita bahas apa itu EEG.. Elektroensephalogram (EEG) adalah instrumen untuk menangkap aktifitas listrik di otak. Kalangan kedokteran menggunakan sinyal EEG untuk diagnosa penyakit yang berhubungan dengan kelainan otak dan kejiwaan. Walaupun penggunaan teknik modern seperti CT Scan dan Magnetic Resonance Imaging (MRI) dapat memeriksa otak, namun EEG tetap berguna mengingat sifatnya yang non-destruktif, dapat digunakan secara on line dan sangat murah harganya dibandingkan kedua metoda. Disamping keunggulan lain, sinyal EEG dapat mengidentifikasi kondisi mental dan pikiran, serta menangkap persepsi seseorang terhadap rangsangan luar.

nah, yang dicetak miring inilah inilah sebenarnya yang ingin saya ambil dalam tugas akhir saya. aduh koq jadi nyambung ke tugas akhir sih. hmmh. kita lanjut lagi yah.

Transformasi sinyal EEG menjadi suatu model, merupakan suatu cara yang sangat efektif dalam membantu klasifikasi sinyal EEG, mengidentifikasi serta mengestimasi spektrum sinyal EEG. Sinyal EEG mengandung komponen-komponen tertentu, yang dikenal sebagai gelombang alfa (8-13 Hz), beta (14-30 Hz), teta (4-7 Hz), dan delta (0.5-3 Hz), sehingga transformasi sinyal EEG menjadi daerah-daerah frekuensi merupakan hal yang sangat berguna, terutama dalam identifikasi gelombang-gelombang di otak.

Alfa 8 – 13 Hz Relaks, mata tertutup
Beta > 14 Hz Aktifitas/ berfikir
Teta 4 – 7 Hz Tidur ringan/ stres emosional
Delta 0,5 – 3 Hz Tidur nyenyak

yaah mungkin sedikit sajah dulu, nanti akan saya lanjutkan.

 
14 Comments

Posted by on November 14, 2008 in knowledge FT

 

Tags: , , , , ,

14 responses to “Elektoenchepalograph (EEG)

  1. machmoedsantoso

    November 14, 2008 at 8:49 am

    saha eta teh kelinci percobaannya ??

     
  2. anggun

    November 19, 2008 at 12:47 pm

    dulu sempet nranslatetin jurnal ttg EEG juga.. hehe jadi dejavu!

     
  3. nz

    June 22, 2009 at 3:45 pm

    woaa?

     
  4. Adriansyah

    January 4, 2010 at 10:39 am

    mas saya juga tertarik dengan EEG saya juga mw mengambil topik TA ttg EEG…mohon bantuannya mas….

     
  5. aden iyung malvino

    May 25, 2010 at 12:02 pm

    tlg d sebutin dunk mas jurnal mn yg telah d ambil sehingga bs berstatement spt yg d atas…
    thnx b4

     
  6. Zen

    February 28, 2011 at 5:36 am

    Mantaap posting..
    iJIN share y…

     
  7. budi elekesekeng

    October 13, 2011 at 12:08 pm

    Gan anak ane disarankan EEG oleh DSA nya, kira2 ada efek samping nggak yah? usianya baru 2 tahun 4 bulan, trims

     
    • ainkobra

      October 16, 2011 at 10:18 pm

      eeg sama sekali tidak menimbulkan efek samping apapun.. gpp koq..

       
  8. thee vhie niez

    November 22, 2011 at 8:11 am

    sya pernah d eeg dan hasilnya abnormal tapi dokter ga menjelaskan pa2…
    da yang serius ga ya dengan penyakit sya????????
    tolong bantuan@ ya mas…
    klo bsa inbox sya

     
  9. bambang ss

    March 28, 2012 at 6:10 pm

    berapa biaya priksa EEG ? Trimakasih #dr orang kurang mampu yg mau priksa eeg anaknya#

     
    • ainkobra

      May 10, 2012 at 11:36 am

      waah..untuk biaya saya kurang tau mas bambang..
      coba tanya saja sama rumah sakit terdekat..
      (maaf ga bisa bantu banyak.. :D)

      semoga sehat selalu..

       
  10. agus alam

    December 11, 2012 at 5:59 pm

    aku punya tugas eeg nih,, tapi minimal 25 lembar,,,
    in sih cuma 1 lembar doank,,
    bantu akuu donk lengkapinya…

     
  11. agus sulis

    January 29, 2013 at 2:58 pm

    Dear Brow friends,

    EEG itu ada efek sampinya ngak buat anak berumur 4 bulan.dan manfaat apa yang bisa kita dapet dari EEG itu sendiri m

    Thanks ,
    Best Regard .

     
    • ainkobra

      March 21, 2014 at 4:34 pm

      To : Agus Sulis..

      EEG tidak mempunyai efek samping apa-apa, prinsipnya dia hanya menangkap sinyal yang ada di otak kita.

      TIdak seperti X-ray atau pun MRI, keduanya menembakan sesuatu ke badan kita untuk mendapatkan hasilnya, sehingga baik X-ray ataupun MRI mempunyai efek sampingnya..

      Manfaat EEG
      -> mengenai manfaat EEG,, tergantung situasinya,, mengenai hal ini saya belum bisa berpendapat banyak..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: